Mitech Preloader

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Pekan Ubah Password :

Bagaimana cara mengganti password ?
Bagi civitas akademika IPB (Mahasiswa / Staf) dapat mengunjungi https://apps.ipb.ac.id kemudian pilih menu Change Password
Apabila saya lupa password, apa yang dapat saya lakukan ?
Bagi civitas akademika IPB (Mahasiswa / Staf) dapat mengunjungi https://apps.ipb.ac.id kemudian pilih menu Reset Password dan nanti anda akan diarahkan untuk mereset password di email alternatif anda.
Bagaimana kalau saya lupa password, semisal saya belum atau lupa ada email alternatif?
Pilih menu reset password, inputkan identitas yang masih anda ingat (usename/nrp/nip) kemudian input data yang diperlukan. Jangan lupa, lakukan swafoto dengan menyertakan kartu identitas. Tunggu sampai ada email masuk dari admin untuk proses verifikasi.
Berapa lama tahap verifikasi email berlangsung dan bagaimana jika tidak ada email balasan masuk?
estimasi proses verifikasi email alternatif maksimal 3 x 24 jam. Silakan cek email alternatif anda secara berkala, selain di inbox email cek juga pada folder spam dan lain-lain.
Apa yang harus saya lakukan ketika proses ubah / reset password sudah berhasil?
Silakan lakukan proses setting ulang device anda (handphone /laptop) dengan melakukan forget wifi IPB-ACCESS lalu setting kembali wifi IPB-ACCESS.
Bagaimana cara melakukan proses setting ulang IPB Access?
silakan anda kunjungi laman https://ipb.link/connect-ipb-access. Atau jika anda terkendala, silakan meminta bantuan helpdesk kami yang berlokasi di gedung perpustakaan B lantai 1.
Apakah akun unit kerja juga memerlukan email alternatif jika akan melakukan proses Reset Password?
YA, akun unit kerja ( email unit, email jurnal, email organisasi, email event ) memerlukan email alternatif selain email IPB pada proses reset password.
Bagaimana cara mendaftarkan email alternatif untuk akun unit kerja?
silahkan mengisi link GForm berikut: https://ipb.link/emailalternatif-unit
Bagaimana saya mendapatkan info bahwa email alternatif saya sudah terdaftar?
Silakan cek email alternatif anda maksimal 2 x 24 jam setelah anda input data di Gform. Setelah itu, anda kunjungi kembali laman https://apps.ipb.ac.id dan lanjutkan proses reset password di menu "Reset Password"

Akun IPB :

Sampai kapan akun ID IPB saya berlaku?
Untuk mahasiswa, masa berlaku ID IPB adalah satu tahun sejak tanggal lulus. Dalam jangka waktu satu tahun tersebut silakan backup data Anda ke tempat lain seperti hard disk, komputer, laptop. Data yang dihapus termasuk data email, data Google Calendar, dan file yang berada di Google Drive. Setelah satu tahun berlalu akan dilakukan penghapusan data.
Bagaimana jika lupa Username dan Password?
Jika Anda lupa username dan password, silakan kunjungi alamat "apps.ipb.ac.id". Kemudian pilih menu Reset Password di sebelah kanan atau di atas layar. Anda akan dihadapkan pada laman fitur untuk Reset Password ID-IPB. Pilih jenis identitas yang masih Anda ingat. Sistem menyediakan 3 (tiga) jenis identitas untuk dipilih, yaitu Username, NIM, dan NIP. Isi kotak isian di sebelah pilihan identitas sesuai dengan jenis identitas yang Anda pilih. Jika memilih Username, inputkan Username Anda. Jika memilih NIM, inputkan NIM Anda. Dan jika memilih NIP, inputkan NIP Anda. Kemudian klik tombol Kirim. Sistem akan mengirimkan verifikasi ke email alternatif Anda yang telah diregistrasi di sistem ID IPB (cek folder inbox atau spam) .
Bagaimana jika ingin mengubah password (kondisi :password lama ingat tapi ingin diubah)?
Disarankan mengikuti panduannya di laman "Change Password"
Bagaimana jika belum mempunyai akun IPB?
Melampirkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital, dengan mencantumkan informasi di bawah ini :
1. Nama Lengkap
2. NIP/NIK
3. Email Alternatif
4. No Kontak
Permohonan pembuatan Akun Guest?
Mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital dengan mencantumkan informasi berapa jumlah tamu dan berapa lama penggunaan akun tersebut.

Email dan GApps :

Permohonan Pembuatan email IPB (apps.ipb.ac.id) bagi dosen, tendik dan mahasiswa?
Mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital, dengan mencantumkan informasi di bawah ini :
1. Nama Lengkap
2. NIP/NIK
3. Email Alternatif
4. No Kontak
Permohonan pembuatan email IPB (apps.ipb.ac.id) bagi unit dan Lembaga Kemahasiswaan?
Melampirkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital, dengan mencantumkan informasi di bawah ini :
1. Username yang diinginkan
2. Email Alternatif
3. No Kontak
Bagaimana jika email apps (apps.ipb.ac.id) invalid?
Biasanya terjadi karena akun email belum diaktifkan, silakan mengirim tiket melalui <a href="https://helpcenter.ipb.ac.id"Helpcenter IPB" dan tunggu respon selanjutnya.
Bagaimana jika email IPB (ipb.ac.id) ingin diaktifkan kembali?
silakan mengirim tiket melalui <a href="https://helpcenter.ipb.ac.id"Helpcenter IPB" dan tunggu respon selanjutnya
Bagaimana jika G-Apps di suspend?
akun saudara (terutama drive) di-suspend langsung oleh pihak Google karena melanggar peraturan. Demi keamanan, akun google saudara (email apps) akan dinonaktifkan sampai batas waktu yang tidak dapat ditentukan. Sementara untuk yang akun google-nya minta diaktifkan kembali, itu tergantung kebijakan dari IPB bisa atau tidaknya dengan tidak melanggar peraturan-peraturan yang telah ditetapkan.

Konektivitas Internet :

Bagaimana caranya agar komputer/laptop/smartphone saya dapat terhubung ke IPB-ACCESS atau Eduroam?
Silakan akses laman "Konektivitas Internet". Pada laman tersebut disajikan secara lengkap cara-cara dan langkah yang harus dilakukan secara detil
Jika masih terkendala apa yang harus saya lakukan?
Jika masih terkendala silahkan datang langsung ke Kantor LMITD (Layanan ICT) Lt. 1 Gedung B perpustakaan (Gedung Bundar) pada hari kerja Senin – Jumat, Pukul. 08.00 s/d 16.00.
Permohonan Akses VPN?
Terlebih dahulu menyertakan surat permohona yang ditujukan kepada Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital, untuk selanjutnya di proses.

Windows dan Microsoft Office :

Bagaimana cara meng-install software (windows 10, office 2016 serta office for MAC)?
Disarankan datang langsung ke Kantor LMITD (Layanan ICT) Lt. 1 Gedung B perpustakaan (Gedung Bundar) pada hari kerja Senin – Jumat, Pukul. 08.00 s/d 16.00.
Bagaimana Jika Tidak bisa akses office 365?
Disarankan mengikuti panduannya di laman "Aplikasi Kolaboratif"
Bagaimana cara mendapatkan aplikasi software SAS, Arcgis dan SPss di IPB?
Disarankan menghubungi Pascasarjana atau departemennya langsung.
Bagaimana Login One Drive dengan Email IPB?
Bisa langsung melalui laman "office.com" atau "apps.ipb.ac.id/ms365"

Zoom, GDrive dan Storage :

Permohonan Penambahan Kapasitas dan Aktivasi Lisensi Zoom untuk Unit, Dosen dan Mahasiswa?
Melampirkan surat permohonan yang ditujukan kepada Lembaga Manajemen Informasi dan Transformasi Digital, untuk selanjutnya akan di proses.
Bagaimana Jika akun zoom masih basic atau belum premium?
Harus mengaktivasi ulang dan untuk aktivasinya dikirim melalui Helpcenter IPB.
Permohonan Penambahan Kapasitas Penyimpanan Storage/google drive untuk unit?
Terlebih Dahulu menyertakan atau mengirimkan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Lembaga Manajemen dan Transformasi Digital. Jika disetujui akan di proses, jika tidak disetujui akan dikonfirmasikan kembali.
Bagaimana Login One Drive dengan Email IPB?
Bisa langsung melalui laman "office.com" atau "apps.ipb.ac.id/ms365"

Sistem Informasi :

Jika ada data saya yang salah di sistem informasi/IPB Mobile, apa yang dapat saya lakukan?
Anda dapat melakukan permintaan perubahan data dengan menunjukkan dokumen resmi ke unit pengampu Anda. Untuk dosen/tenaga kependidikan dapat menghubungi bagian kepegawaian di departemen/unit Anda. Untuk mahasiswa Program Vokasi dapat menghubungi Sekolah Vokasi. Untuk mahasiswa Program Sarjana dapat menghubungi departemen atau Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru. Untuk mahasiswa Program Profesi Dokter Hewan dapat menghubungi Fakultas Kedokteran Hewan. Untuk mahasiswa Program Magister dan Doktor dapat menghubungi Program Studi atau Sekolah Pascasarjana.
Permohonan Pembuatan Akun Apps Orang Tua?
Disarankan mengikuti panduannya di laman "Panduan Permintaan IPB Mobile Parents"
Bagaimana jika terkendala/ tidak bisa sign in ke IPB DigiSign?
Disarankan mengikuti panduannya di laman "Panduan IPB DigiSign"
Bagaimana jika tidak bisa finger print?
Kami sarankan menghubungi Direktorat Sumber Daya Manusia dengan Pak Bagas