Presensi Perkuliahan Secara Online untuk Mahasiswa

Presensi Perkuliahan Secara Online untuk Mahasiswa

Tepat pada tanggal 12 Agustus civitas akademika IPB kembali menjalankan rutinitasnya di semester baru. Para mahasiswa kembali menuntut ilmu di kelas, para dosen memberikan pengetahuan dan melakukan penelitian, dan para tenaga kependidikan mendukung kelancaran itu semua. Semester baru ini adalah semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 dimana baru kali ini aktivitas perkuliahan dilaksanakan tanggal 12 Agustus. Pada tahun-tahun sebelumnya aktivitas perkuliahan dilaksanakan pada tanggal 1 September. Mahasiswa baru IPB University Angkatan 56 pun sudah mulai melaksanakan perkuliahan.

 

Untuk mahasiswa baru Program Sarjana Angkatan 56, ada yang spesial di awal semester ini. Mereka memulai perkuliahan di Gedung Common Class Room (CCR) yang telah didukung oleh presensi perkuliahan secara online. Proses ini dapat diselenggarakan berkat dukungan dari Direktorat Program Pendidikan Kompetensi Umum, Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital, dan Direktorat Administrasi Pendidikan dan Penerimaan Mahasiswa Baru.

 

Pada kuliah perdana menggunakan presensi secara online tanggal 12 Agustus 2019 jam 07.00 WIB, turut meninjau Rektor IPB Dr. Arif Satria, SP, M.Si, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan Dr.  Ir. Drajat Martianto, M.Si, Direktur Sistem Informasi dan Transformasi Digital Ir. Julio Adisantoso, M.Kom, dan Direktur Program Pendidikan Kompetensi Umum Prof. Dr. Toni Bakhtiar, S.Si, M.Si. Mereka meninjau kesiapan dan proses berlangsungnya presensi kehadiran kuliah menggunakan IPB Mobile secara langsung dengan mengunjungi ruangan kelas tempat berlangsungnya kegiatan perkuliahan.

 

Proses presensi kuliah secara online, mahasiswa memindai QR Code yang telah disediakan oleh sistem menggunakan IPB Mobile for Student. IPB Mobile akan mencatat waktu kehadiran, koordinat dari perangkat mahasiswa dan menandai mahasiswa tersebut hadir. Penting untuk diingat, mahasiswa wajib terhubung ke IPB ACCESS atau Eduroam untuk dapat menggunakan fitur presensi kuliah. Untuk saat ini, QR Code masih dicetak dalam bentuk kertas yang kemudian disebarkan di setiap kelas. Untuk ke depannya, QR Code akan ditampilkan pada sebuah perangkat yang ada di setiap kelas.

 

Berikut adalah dokumentasi dari presensi kuliah secara online:

 

No Comments

Sorry, the comment form is closed at this time.