Pembuatan Email Account IPB

ICT IPB > Pembuatan Email Account IPB

Pembuatan Email Account IPB

Sistem Email IPB :

  • Layanan email IPB dikelola secara terpusat oleh Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital.
  • Sistem email IPB terdiri dari email staff (http://mail.ipb.ac.id dan http://apps.ipb.ac.id), email student dan alumni (http://apps.ipb.ac.id).
  • Alamat email resmi civitas Institut Pertanian Bogor adalah <ID-IPB>@ipb.ac.id dan <ID-IPB>@apps.ipb.ac.id untuk alamat email staf, <ID-IPB>@apps.ipb.ac.id untu alamat email mahasiswa, dan alamat email alumni IPB.
  • Setiap civitas IPB berhak mendapatkan alamat email pada domain IPB dan disarankan untuk menggunakannya sebagai alamat email formal.
  • Setiap mahasiswa IPB akan dibuatkan akun email ketika dinyatakan diterima di IPB, dan akun diberikan pada yang bersangkutan pada saat registrasi ulang masuk IPB.
  • Pada saat lulus dari IPB (menjadi alumni) akun email akan dialihkan ke sistem mail alumni.
  • Pengajuan alamat email dapat dilakukan dengan cara mengajukan surat permohonan dan mengisi formulir pendaftaran email (terlampir) kepada Direktur Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital.

 

Prosedur Penggunaan Email IPB :

  • Layanan email IPB dapat diakses melalui web dengan alamat http://mail.ipb.ac.id, http://mail.student.ipb.ac.id, dan http://mail.alumni.ipb.ac.id .
  • Layanan email IPB dapat diakses melalui aplikasi mail berbasis desktop seperti: outlook, thunderbird, kmail, evolution, dll; dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Incoming server(POP3): mail.ipb.ac.id port:993
      Security type: SSL
    2. Outgoing server(SMTP): mail.ipb.ac.id port: 465
      security type: SSL
    3. SMTP Authentication
      Use same setting as incoming mail server
  • Layanan email IPB dapat diakses melalui berbagai perangkat mobile: Blackberry, Iphone, iPad, Android; dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Incoming server(POP3): mail.ipb.ac.id port:993
    Security type: SSL
  2. Outgoing server(SMTP): mail.ipb.ac.id port: 465
    security type: SSL
  3. SMTP Authentication
    Use same setting as incoming mail server

    • Email dengan rate spam rendah akan secara otomatis ditandai dengan “!!” dan diarahkan ke dalam folder INBOX
    • Email dengan rate spam tinggi akan secara otomatis ditandai dengan “!SPAM!!” dan akan diarahkan ke dalam folder JUNK

 

Prosedur Pengaman Email IPB bagi User :

  • Password akun email hanya diketahui oleh yang pemilik akun.
  • Administrator tidak pernah meminta data account user (username dan password) melalui email.
  • Pengguna diharapkan secara rutin melakukan update/perubahan password melalui halaman login IPB dengan password yang ‘strong’ dan hindari penggunaan password yang mudah ditebak.
  • Pengguna tidak diperkenankan meminjamkan user access/user email kepada orang lain.
  • Pengguna tidak dianjurkan mempublish alamat email anda di internet secara lugas, melainkan dengan format tertentu misalkan admin~at~ipb.ac.id, untuk menghindari scanning dari para spammer.

 

Prosedur Pendaftaran Email :

  • Pemohon mengisi form pendaftaran email
  • Berdasarkan form pendaftaran, helpdesk meneruskannya ke Sub Direktorat Jaringan dan Strategi Komunikasi (SJSK) untuk diproses apakah pengajuannya dapat dipenuhi atau perlu ada penyesuaian dengan aturan yang ada.
  • Administrator Email memproses pembuatan akun email dengan terlebih dulu mendaftarkan pada sistem SSO IPB, setelah akun email aktif Petugas Helpdesk menginformasikannya pada user melalui email atau telpon.
Date

12/04/2018

Category

DOSEN, IPB, MAHASISWA, TENDIK