Video Conference

DIDSI IPB
Video Conference adalah seperangkat teknologi telekomunikasi interaktif yang memungkinkankan dua pihak atau lebih di lokasi berbeda dapat berinteraksi melalui pengiriman dua arah audio dan video secara bersamaan (menggunakan jaringan broadband).

Pembangunan fasilitas video conference dan video streaming dilatarbelakangi oleh pelaksanaan perkuliahan yang dilaksanakan secara kemitraan di mana lokasi perguruan tinggi mitra terpisahkan berjauhan secara geografis, masih mengalami beberapa hambatan dalam hal pencapaian standar materi, efektifitas dan efisiensi perkuliahan. Hal ini terjadi karena perkuliahan konvensional mengharuskan pengajar dan peserta ajar harus berada dalam satu lokasi dan waktu yang sama.

Teknologi video conference yang dimiliki oleh IPB adalah salah satu alternatif yang dapat mengatasi hambatan pada perkuliahan konvensional tersebut. Saat ini IPB telah memiliki 3 fasilitas video conference yaitu:

  1. Gedung Pusat Komputer Lt. 1 (Depan Perpustakaan LSI) kapasitas maksimum  30 orang .
  2. Gedung SEAFAST Kampus IPB Darmaga, kapasitas maksimum 30 orang .
  3. Gedung PAU Lt.2 Kampus IPB Dramaga, kapasitas kecil untuk 1-2 orang . Program Pengembangan dan Pengelolaan e-Learning (P3eL) IPB .