Penggunaan ID-IPB

ID-IPB adalah akses internet bagi civitas IPB yang di buat oleh Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital untuk fasilitas akses internet, blog dan email bagi civitas IPB yaitu mahasiswa, tenaga pengajar dan tenaga kependidikan di Institut Pertanian Bogor baik itu menggunakan jaringan LAN atau Wifi.

Prosedur Pembuatan Akun ID-IPB Untuk Mahasiswa Baru :

  • DSITD melalui Subdit Sistem Informasi, menerima data mahasiswa baru yang berisi NIM dan Nama mahasiswa dari Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB)
  • Subdit Sistem Informasi-DSITD menyerahkan data mahasiswa baru ke Subdit Injar-DSITD untuk diolah.
  • Subdit Injar mempersiapkan Enterprise ID dan Activation Code untuk setiap mahasiswa baru.
  • Subdit Injar-DSITD menyerahkan data NIM dan Activation Code ke Subdit Sistem Informasi-DSITD .
  • Subdit Sistem Informasi-DIDSI mencetak surat konfirmasi ID-IPB dan menyerahkan kepada PPMB.
  • PPMB menyisipkan surat konfirmasi ID-IPB ke dalam map yang berisi berkas registrasi mahasiswa.
  • ID-IPB mahasiswa baru dibagikan ketika registrasi mahasiswa.

Prosedur Pembuatan Akun ID-IPB Untuk Dosen, Staf, dan Mahasiswa :

  • Pemohon mengisi formulir permohonan ID-IPB, yang kemudian akan diterima oleh IT Helpdesk-DSITD .
  • IT Helpdesk-DSITD memeriksa ketersediaan data pemohon di LDAP, Jika ID-IPB sudah ada di LDAP maka IT Helpdesk-DSITD melakukan konfirmasi kepada pemohon, jika belum ada maka dilakukan proses create ID-IPB untuk pemohon
  • IT Helpdesk-DSITD melakukan konfirmasi ke pemohon jika ID-IPB sudah di-create, tidak lupa konfirmasi ke Subdit Injar-DSITD.
  • Subdit Injar-DSITD melakukan peng-integrasi-an ID-IPB dengan layanan lainnya (mail, blog, dan aplikasi Google Apps).
  • IT Helpdesk-DSITD melakukan pengelolaan terhadap database ID-IPB (termasuk merekap jumlah permohonan ID-IPB).

Jika anda melakukan aktivasi ID-IPB di Cyber Mahasiswa atau menggunakan Jaringan luar IPB (Modem/Warnet) abaikan langkah 1 .

  1. Setting terlebih dahulu browser di laptop anda sesuai “PANDUAN PENGGUNA ID-IPB UNTUK AKSES INTERNET BAGI CIVITAS AKADEMIK IPB” yang tercantum di post sebelum nya .
  2. Buka Halaman Browser https://accounts.ipb.ac.id/activation , lalu isi NIM dan kode aktivasi pada surat yang anda telat terima .
  3. Anda akan di minta memasukan NIM dan Kode Aktivasi yang tertera pada surat , Contoh NIM : F24141234, Kode Aktivasi : g4t5y2 lalu tekan tombol submit
  4. Setelah muncul form berikut nya isi data anda dengan lengkap dan benar . PASTIKAN username dan password yang anda buat unik namun MUDAH DIINGAT, karena ID-IPB akan selalu digunakan pada setiap akses aplikasi-aplikasi akademik IPB selama Anda menjadi mahasiswa IPB .
  5. Apabila data sudah lengkap, tekan tombol aktivasi .
  6. Setelah aktivasi maka akan muncul text berikut “Anda telah berhasil mendaftarkan username baru. Silahkan mencoba menggunakan username dan password yang telah anda buat pada halaman http://apps.ipb.ac.id
  7. Proses aktivasi ID-IPB selesai dilakukan .

Prosedur Merubah Password Akun ID-IPB (Lupa Username) :

  • Pemohon mengisi formulir permohonan perubahan password ID-IPB, yang kemudian akan diterima oleh IT Helpdesk-DSITD .
  • IT Helpdesk-DSITD memeriksa kecocokan antara data pemohon dengan data pemilik ID-IPB, jika tidak sesuai maka IT Helpdesk-DIDSI melakukan konfirmasi penolakan perubahan password, jika sesuai maka IT Helpdesk melakukan perubahan password. Harus dipastikan bahwa hanya pemilik ID-IPB yang dapat merubah password.
  • IT Helpdesk-DSITD melakukan konfirmasi ke pemohon jika password ID-IPB sudah dirubah.
  • IT Helpdesk-DSITD melakukan pengelolaan terhadap database ID-IPB.

Prosedur Merubah Password Akun ID-IPB :

  • Buka Halaman Browser : https://apps.ipb.ac.id/
  • Kemudian anda memilih menu “Change Password“.
  • Anda akan di minta memasukan Username, Password Lama, dan 2 Kali Password Baru, Contoh Username : F24141234, Password Lama : g4t5y2, Password Baru : g4t5y2diy 2 Kali pada Kolom Password Baru lalu tekan tombol save.
  • Proses merubah password ID-IPB selesai dilakukan.

Prosedur Mereset Password Akun ID-IPB :

  • Buka Halaman Browser : https://apps.ipb.ac.id/
  • Kemudian anda memilih menu “Reset Password“.
  • Untuk melakukan reset password, silakan masukkan identitas yang masih Anda ingat pada ID-IPB.
  • Username, NIM, NIP silahkan pilih salah satu kemudian isi.
  • Setelah itu isi Captcha dengan Benar dan Lengkap.
  • Kemudian klik Reset Password.
  • Setelah berhasil silahkan cek Password Baru anda di email alternative selain IPB.

Kunci Untuk Mengakses SISTEM INFORMASI atau APLIKASI AKADEMIK yang di sediakan IPB untuk menunjang Proses Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) selama masa perkuliahan berlangsung diantaranya :

  1. Email & Applikasi Google-IPB: http://apps.ipb.ac.id/
  2. Blog:http://student.ipb.ac.id/
  3. Sistem Informasi Akademik : https://simak.ipb.ac.id/
  4. Lecture Management System (LMS) : http://lms.ipb.ac.id/
  5. KRS Online Mahasiswa Sarjana: http://krs.ipb.ac.id/krs/
  6. SIMAK Online Pascasarjana: http://akademik.pasca.ipb.ac.id/
  7. EPBM Online: https://epbm.ipb.ac.id/
  8. Modul Kuliah: http://ocw.ipb.ac.id/
  9. Referensi Ilmiah: http://repository.ipb.ac.id/
  10. Kepuasan Wisuda: http://skw.ipb.ac.id/